Menentukan Konsep Blog Yang Kita Buat

Banyak orang, ketika hendak membuat blog grasa – grusu langsung membuat account di penyedia jasa blog. Mereka mulai ngeblog, ngeblog dan ngeblog. seiring dengan waktu, ketika gaya ngeblog mereka mulai muncul, mereka mulai menemukan ‘ada yang salah’ dengan blog mereka. entah nama domainnya yang kurang cocok, entah gaya menulis yang kurang cocok, dan lain – lain.

Maka dari itu, saran kami lakukan langkah pertama ini dengan baik : Tentukan konsep blog anda, agar kedepannya anda akan nyaman. Saran kami, ambil selembar kertas A4 dan tuliskan konsep anda akan blog yang hendak anda buat. Adapun hal – hal yang perlu di tentukan dalam menentukan konsep sebuah blog adalah :

Tujuan blog anda

Apa tujuan anda ngeblog? Hobi? menyalurkan pemikiran yang terpendam? mencari kenalan baru? meraih pendapatan? personal branding? memanfaatkan waktu yang ada? tempat mengekspresikan perasaan anda? menyalurkan hobi menulis anda? bisnis? memperlihatkan porto folio anda? tools untuk mempromosikan keahlian anda? Apapun tujuan anda, tentukan dari awal, agar kedepannya anda akan lebih mudah merawat blog anda. Menentukan tujuan blog akan memudahkan anda untuk menentukan banyak hal, seperti jenis blog yang akan anda publish, design blog yang cocok untuk blog anda, dan banyak hal yang lain.

Jenis blog yang akan anda buat

Setelah tujuan ditemukan , anda akan mengetahui jenis blog seperti apa yang akan anda bangun, dan apa niche blog anda. ada blog humor, build for adsense, personal blog, online journal, dsb.

Tentukan hal – hal yang hendak anda tampilkan dalam blog anda

Hal hal ini meliputi :

  1. Fitur – fitur yan hendak anda tampilkan.
  2. Widget – widget yang hendak anda pasang di sidebar anda. ( lebih dalam tentang widget, buka post ini )
  3. Design seperti apa yang anda ingin kan

Untuk langkah ini, tips sederhana dari kami : coba anda melihat beberapa blog, lalu lihat apa saja yang blog tersebut tampilkan dan yang mana yang ingin anda tampilkan juga pada blog anda. Jika anda melakukan langkah ini dengan baik, selanjutnya anda tinggal mencari plugin atau widget apa yang anda butuhkan untuk membuat blog anda sesuai dengan apa yang anda inginkan dan memasangnya pada blog anda.

Menentukan domain.

Setelah anda menentukan tujuan, jenis blog dan hal – hal yang hendak anda tampilkan dalam blog, sekarang anda bisa menentukan nama domain anda. sederhanya, ada dua jenis domain yang dapat anda gunakan :

domain gratis yang berada di bawah domain penyedia jasa blog gratis
. contohnya : http;//fikrirasyid.wordpress.com, http://fikrirasyid.blogspot.com, http://azrl.wordpress.com, dsb.

keuntungannya : gratis, dan tidak repot mengurusnya.

kekurangannya : terlihat kurang profesional untuk keperluan bisnis, dan eksistensi domain anda bergantung pada penyedia jasa blog itu sendiri.

domain berbayar dengan nama domain anda sendiri.
contohnya : http://bloggingly.com, http://navinot.com, http://think.web.id, dsb.

keuntungannya : kesan yang ditampilkan lebih meyakinkan, terutama untuk kebutuhan branding.

kekurangannya : berbayar, dan butuh sedikti pengorbanan waktu dan perhatian untuk mengelolanya.

This entry was posted in Internet. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s