Personal Blog Sebagai Sarana Knowledge Share

Seiring dengan berkembangnya aplikasi di internet untuk kebutuhan manajemen konten, lahirlah suatu aplikasi baru, yang semula banyak digunakan oleh desainernya untuk tempat “curhat” secara maya. Ini yang disebut dengan web blog atau blog. Blog juga dapat digunakan secara personal untuk mendistribusikan bahan ajar dan bahan diskusi dengan siswa/teman yang lainnya.

Karena sifat blog adalah sebagai sarana posting/publishing, semua konten yang di publish pada blog dapat diakses dan dimanfaatkan oleh semua orang yang mengunjungi blog tersebut. Terdapat satu kata kunci yang harus siap kita terima apabila memilih blog sebagai saran publikasi online, yaitu Keterbukaan Isi ( Open Content ).

Secara garis besar, terdapat beberapa kategori blog yang disesuaikan dengan fungsi dan penggunaan blog tersebut oleh pembuat atau pendirinya, antara lain :

  1. Personal Blog ; Blog yang dibuat untuk kebutuhan perseorangan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti blog edukasi bagu guru, dalam mendistribusikan materi ajar.
  2. Community Blog ; Blog yang dibuat untuk komunitas tertentu, seperti perkumpulan, organisasi, profesi, hobby dan sebagainya.
  3. Bussiness Blog ; Blog yang dibuat dan digunakan untuk kebutuhan bisnis sebaga sarana publishing produk bisnisnya.

Kekuatan Blog

Jika kita membandingkan antara Personal Web dengan Blog, maka akan ditemukan ada enam pilar kunci yang membedakannya :

  1. Publishable ; kita dapat langsung mem-posting berita. Mudah , murah dan dapat dibaca dimanapun.
  2. Findable  ;  mudah ditemukan lewat search engine berdasarkan subjek, nama penulis, atau keduanya. Intinya semakin komplit suatu blog, biasanya semakin digemari.
  3. Social  ;  Percakapan yang menarik berdasarkan topik beralih dari suatu situs ke situs web, nge-link dari suatu link ke link lain. Melalui blog, mereka yang memiliki minat yang sama dapat membangun network atau berita lintas goegrafi.
  4. Viral  ;  Informasi menyebar lebih cepat melalui blog dibanding News Service.
  5. Syndicatable  Content yang kaya mudah disindikasikan oleh siapa saja. Bayangkan dunia penuh dengan orang pandai dan lewat media, ribuan informasi yang tersebar dapat diperoleh.
  6. Linkable  ;  Setiap blog nge-link ke yang lain, memiliki akses ke puluhan juta orang yang mengunjungi Blogosphere setiap hari yang bercirikan komunikasi internet dua arah.

Menurut Dan Gillmor , penulis buku We The Media , bahwa “ Media blog itu ibarat supermarket tabloid “

This entry was posted in Internet. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s