Cara mudah membuat kabel USB Perpanjangan atau USB Extension

Dulu memang kita jarang membutuhkan kabel USB yang panjang, karena semua perangkat USB bisa langsung dipasang di PC. Lain dulu lain sekarang. Sekarang sudah banyak perangkat USB yang membutuhkan kabel perpanjangan USB, diantaranya kamera pengintai (atau web cam…), USB modem (karena dibawah gak dapet sinyal, maka harus ditaruh di atas biar mendapatkan sinyal). Memang dipasaran banyak dijual kabel USB perpanjangan ini tetapi harganya juga lumayan tinggi, misal kabel USB 5 meter saja dijual dengan harga Rp.25.000,-. Nah, dari pada mahal-mahal membeli USB perpanjangan, mending membuat sendiri, disamping harganya murah, kita juga bisa membuat kabel dengan panjang semau kita, bisa 5 meter, 10 meter bahkan 20 meter.

Ok, langsung saja, berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  1. Kabel UTP/LAN (Pilih saja yang belden, karena kualitasnya lumayan dibandingkan yang lain). Panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan saja, karena kita akan memperpanjang USB dengan kabel UTP ini
  2. Kabel USB perpanjangan biasa. Boleh menggunakan yang bekas.
  3. Solder dan tinol
  4. Isolasi

Ok, kalo sudah sekarang tinggal ke cara membuatnya.

  1. Cek dulu kabel USB masih berfungsi dengan baik ato gak, bisa menggunakan flash disk dalam mengeceknya
  2. Jika dipastikan sudah OK, maka langkah berikutnya potong kabel USB. Boleh ditengah-tengah. Tetapi saran saya motongnya deket saja sama konektornya, karena kita sebenarnya cuma mau menggunakan konektornya saja dan menyambungkan dengan kabel UTP nantinya.
  3. Setelah dipotong akan dijumpai 4 buah kabel dengan warna Merah, Hitam, Putih dan Hijau. Kabel warna merah dan hitam untuk teganga 5 V, sedangkan putih dan hijau untuk transfer data.
  4. Kemudian kita beralih dulu ke UTP. Kupas juga kabel UTP tersebut. Nanti akan dijumpai 8 buah kabel. Dari situ silahkan gabungkan saja beberapa warna menjadi 1 seperti berikut ini:
    • Kabel putih orange dan orange (2 kabel menjadi 1)
    • Kabel putih hujau (1 kabel doang)
    • Kabel hijau (1 kabel doang)
    • Kabel putih biru, biru, putih coklat, coklat (4 kabel menjadi 1)
  5. Nah, sekarang tinggal menyambungkan saja kabel gabungan UTP diatas dengan kabel USB yang telah kita potong dipoint ke 2. Berikut cara menyambungnya:
    • Putih orange-orange (2 gabungan kabel) dengan merah
    • Putih hijau (1 kabel) dengan putih
    • Hijau (1 kabel) dengan hijau
    • Putih biru, biru, putih coklat, coklat (4 gabungan kabel) dengan hitam)
  6. Pastikan sambungan kuat dan rapi. Jangan sampai terbalik. Jika sudah semua, untuk lebih memperkuat lagi, silahkan solder sambungan tersebut.
  7. Jika sudah disolder, langkah terakhir adalah menutup bagian yang disolder dengan isolasi, guna menjaga dari konsleting.

Nah, sebenarnya dari tahap ini, kabel perpanjangan USB sudah jadi. tetapi sebelum dicoba ada beberapa hal yang perlu dikonfigurasikan dalam PC anda, yaitu set USB port speed pada motherboard komputer agar menjadi USB 1.1, jangan USB 2.0. USB 1.1 punya kecepatan maksimum 10Mbps, jadi lebih reliable untuk di tarik jarak jauh dibandingkan dengan USB 2.0.

Jika sudah selesai semuanya, silahkan coba hubungkan perangkat USB anda dengan kabel perpanjangan USB yang anda buat. Jika bekerja dengan normal berarti anda sukses. Tetapi jika ternyata muncul pesan “USB device not Recognized”, maka ada beberapa kemungkinan, diantaranya:

  1. Kabel UTP Jelek….klo bagus seharusnya bisa sampai 15 meter…klo agak bagusan bisa sampai 8 – 9 meter….klo jelek cuma bisa sampai 5 meter …..
  2. Salah dalam menyoderrr….kan klo tembaga adalah penghantar yang baik sedangkan timah tidak begitu baikk. Jadi rakatkan dulu tembaga (serat kabe;l) antara UTP dan USB terlebih dahulu baru soderr kemudian
  3. Salah PORT pada konfigurasiii……wahhh belum tau yaaa , klo perpanjangan kabel ini lebih efektip digunakan pada USB port.1jadi seting saja pada device mannager. lalu pada bagian USB port.2 didisable terlebih dahulu..itu dikarnakan USB port1 memang menghantarkan Power lebih banyak daripada USB port2..tapa memang klo USB port 2 menghantarkan data lebih banyakkk….jadii cobain duluuu dehhhh…..klo ngak lewat situuu yaaa ddiatur aja lewat BIOS USB port 2 DIDISableee
  4. Kabel UTP kepanjangan.. ini tergantung dari jenis kabel UTP nyaa ,, mahhh saya pake yang 800 ribuan, dan sukses untuk 9 meter…
  5. Data lossss….di solderan.. jangan lupa di plester ya soderannya yang bagusss… takutnya ada yang nempel malah kornslett lagi.apa datanya jalan jalan keluar kabell hehehehehe

Nah, mungkin sampai disini dulu sharing kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih

This entry was posted in Jaringan Komputer, Komputer. Bookmark the permalink.

One Response to Cara mudah membuat kabel USB Perpanjangan atau USB Extension

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s